Pages

18 Mei 2011

Ikan Kakap Putih


Description-Kakap putih merupakan ikan besar karena dapat tumbuh sampai 2 meter dengan berat sampai 200 kg. Menurut catatan IGFA (International Game Fish Association) IGFA World Record kakap putih hasil pancingan terberat mencapai 104.32 kg / 230 lb 0 oz di danau Nasser, Mesir. Kakap putih memang ikan besar yang menjadi target khusus para mania pantai dan sungai. Menurut catatan saya, ikan terbesar yang pernah terpancing di Jawa sekitar 16 kg di sungai Ketiwon, Tegal.

Kakap putih adalah ikan target memancing yang potensial baik di pantai maupun di muara-muara sungai besar di Asia Tenggara dan perairan di utara Asutralia. Tubuhnya bersisik besar dan berwarna putih atau bahkan gelap tergantung lingkungannya. Ikan ini dapat dipancing sepanjang musim. Kkap putih memakan udang-udangan (Crustaceae) dan kelompok hewan lunak sejenis cacing (Moluska). Memakan juga ikan-ikan kecil atau yang masuk dalam bukaan mulut mereka, termasuk jenisnya sendiri.

Ikan yang kecil memakan zooplankton. Merupakan ikan katadrom, yaitu ikan yang dapat hidup di sungai atau air tawar sampai di laut. Jarang berada jauh dari pantai.
Saat musim memijah, ikan jantan akan melakukan migrasi ke sungai untuk mencari pasangannya dan anak-anaknya menetas dari jutaan telur yang dihasilkan di sekitar muara atau daerah bakau.

Ikan kakap putih adalah ikan hemaprodit, atau dapat berganti kelamin. Ikan jantan setelah dewasa akan menjadi betina, sehingga ikan-ikan yang berukuran besar kebanyakan berkelamin betina.

1 comments:

Conenaberli mengatakan...

mancap!

Poskan Komentar

Populer